Hubungan SPMI dan SPME

 Pengalaman saya (Yonas Muanley) dalam mengerjakan dokumen SPMI yang terdiri atas dokumen kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SMP, PPEPP SPMI untuk Standar Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Dokumen Non Akademik SPMI yaitu beberapa dokumen SPMI yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi, dalam hal ini oleh STT IKSM Santosa Asih tentu banyak lembar-lembar yang dihasilkan dalam rumusan tersebut. Sampai pada tahap akhir, saya menghitung total halaman sekitar 400 an halaman. Semuanya dikerjakan oleh saya sebagai kepala SPMI, sementara rekan-rekan lain (team SPM) mengerjakan dokumen yang berhubungan dengan Formulir. Saya  mengerjakan langsung dokumen-dokumen SPMI dengan prinsip Ketua atau sebagai kepala yang langsung terlibat dalam mengerjakannya. Sebagaimana paradigma teologi Kristologi yang saya miliki khususnya dalam hal "Inkarnasi" yaitu menjadi/merasakan langsung bagaimana mengerjakan dokumen SPMI, termasuk di dalamnya dalam hal mengetik dokumen, tidak ada yang membantu. Saya sendiri mengerjakan langsung dokumen-dokumen tersebut.

Google Site Dokumen SPMI:

https://sites.google.com/view/dokumen-spmi/halaman-muka 

 


 

Apa yang saya lakukan semoga menginspirasi pemimpin/kepala SPMI di STT lain untuk yrtlibat langsung dalam menyusun dokumen, termasuk mengetik tanpa harus menjadi bos yang kerjanya hanya memerintah tanpa mengalami bagaimana sulitnya mengerjakan sesuatu. Ada perasaan bahagia ketika melakukan prinsip pemimpin/kepala rasa staf/bawahan. Dengan perasaan seperti ini kita merasa bahwa kita ini hamba dan bukan bos di STT. Ya jadi ini semacam berbagi motivasi kepada rekan-rekan ketua atau kepala SPMI STT di seluruh Indonesia.

Sekaran lihat bagaimana hubungan SPMI dengan SPME. Dalam kolom berikut ini, saya tempatkan SPME pada kolom pertama dan setelah itu SPMI. Seharusnya SPMI ke SPME. Namun dalam paparan ini saya menunjukkan kepada pembaca hubungan SPMI dengan SPME dengan menempatkan SPME terlebih dahulu kemudian SPMI. Ini hanya berdasarkan pengalaman. Saya bergembira karena apa yang dikerjakan dalam SPME setelah melihat beberapa materi yang saya dapatkan dari bidang SPME dan sebagian lagi saya cari di google maka saya merasa sangat senang karena Standar yang dikerjakan dalam SPMI selalu memiliki hubungan dengan SPME. Silakan lihat dalam situs SPMI STT IKSM Santosa Asih:SPMI IKSM, atau di Blog SPMI STT IKSM SA dalam bahan berikut ini.

 

oleh: Yonas Muanley

Posting Komentar

0 Komentar